Friday, October 2, 2015

PRO EVOLUTION SOCCER 2016 VS FIFA 2016. SIAPA YANG LEBIH UNGGUL?


assalamu 'alaikum sob.
kedua game ini memang legend. seakan tiada matinya, game ini terus melakukan rilis dan perbaikan game ke arah yang lebih baik.
Pro Evolution Soccer (PES) dan FIFA, kedua seri game ini sudah bertahun-tahun berebut pasar game sepak bola di dunia. Masing-masing memiliki basis penggemar fanatiknya sendiri, dengan sebagian pemain yang “Plin-Plan” mengikuti game mana yang terbaik setiap tahun.

Untuk beberapa tahun terakhir, terutama sejak edisi PES 2014 dan FIFA 14, pemain dan kritikus lebih cenderung memilih FIFA sebagai game terbaik di antara keduanya. Namun, PES perlahan bangkit sejak tahun lalu dengan memperbaiki kesalahan mereka di PES 2015 walaupun secara umum masih dianggap kalah dari FIFA 15.

Refresh fitur fifa 2016 daan PES 2016
Ada beberapa hal baru yang menonjol dari kedua gameFIFA 16 memberikan inovasi dengan menghadirkan tim sepak bola wanita yang akhir-akhir ini cukup naik daun di Inggris dan Amerika Serikat akibat tim mereka yang cukup berprestasi di Piala Dunia Wanita.

Sedangkan PES 2016 menghadirkan gameplay lebih cepat dan responsif jika dibandingkan dengan iterasi sebelumnya yang bisa dibilang sangat lambat. Tempo permainan dibuat lebih cepat, demikian juga dengan respons pemain saat melakukan operan dan dribel yang saya rasa cukup nikmat.
Bagi mereka yang senang dengan permainan yang mengandalkan fisik,FIFA 16 dan PES 2016 akan memenuhi hasrat tersebut. Kedua gamememberikan efek fisik yang realistis. Terutama untuk PES 2016, peningkatan yang ada cukup terasa jika dibandingkan iterasi sebelumnya.

Kedua game juga menawarkan perayaan gol yang bisa dikontrol oleh pemain. Setelah mencetak gol, kamu bisa menggerakkan pemain ke arah yang kamu mau, apakah itu ke pemain cadangan, kamera, atau penonton. Terdapat pula pilihan perayaan yang bisa dilakukan dengan menekan tombol tertentu.

Dari segi grafis, saya rasa FIFA 16 sedikit lebih unggul dari PES 2016, terutama dari tekstur wajah pemain. Jika kamu perhatikan saat upacara sebelum pertandingan, wajah pemain di PES 2016 terlihat lebih kaku dan kadang matanya tampak mengerikan. Namun, menurut Konami ada beberapa pemain yang wajahnya dipindai oleh mereka dan hasilnya jauh lebih bagus daripada pemain lainnya, sebut saja maskot PES tahun ini, Neymar Jr.

mana yang lebih unggul?
pada edisi tahun ini PES dan FIFA memiliki persaingan yang sangat ketat dalam segi kualitas. Untuk PES sendiri peningkatan yang ada cukup tinggi, namun belum cukup untuk membuat penggemar FIFA berpindah haluan. Akan tetapi bagi penggemar PESPES 2016 akan membuat kamu serasa seperti “pulang ke rumah” kembali.
Jadi, untuk versi demo FIFA 16 menang tipis dibandingkan PES 2016. Peningkatan yang dialami PES 2016 memang cukup tajam, tapi belum cukup menyaingi tingkat simulasi dan grafis yang ditawarkan FIFA 16.

Penilaian tersebut bukan berarti saya tidak akan merekomendasikan PES 2016 lo. Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan PES, tidak usah ragu lagi untuk kembali memainkan seri ini. Saya juga merekomendasikan PES 2016untuk kamu yang lebih menyukai permainan yang cepat.


EmoticonEmoticon